TPID Sumut Mengambil Tindakan untuk Stabilisasi Harga

Inflasi Sumut pada September 2016 tercatat sebesar 1,22% (mtm) dan berada diatas rata-rata nasional yang mengalami inflasi 0,22% (mtm). Kondisi ini berada di luar perkiraan dan merupakan inflasi tertinggi bulan September dalam 6 tahun terakhir. Di antaranya, komoditas cabai merah menjadi komoditas yang mengalami kenaikan paling signifikan, dengan andil cabai merah terhadap inflasi kota Medan mencapai 1,03% pada bulan September 2016.
Oleh karena itu, pada Rapat Koordinasi TPID Provinsi Sumatera Utara bulan Oktober 2016, diambil keputusan untuk melakukan intervensi dengan menambah pasokan di pasar Kota Medan melalui Operasi Pasar. Pelaksanaan Operasi pasar melibatkan SKPD Pemerintah Provinsi terkait diantaranya Dinas Perindustriandan Perdagangan, Biro Ekonomi Provsu, Bulog Sumut dan Bank Indonesia. Operasi pasar ini diharapkan dapat memberikan pengaruh menurunkan harga komoditi di pasar. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serempak di Pasar Petisah, Pusat Pasar, Pasar Sukaramai, Pasar Palapa, Pasar Modern Carefour dan Pasar Modern Hypermart Paladium / Sun Plaza.
Operasi pasar tersebut melibatkan beberapa komodoiti penyumbang inflasi yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, cabe merah, bawang merah dan kentang. Dalam Operasi Pasar tersebut, cabai merah dijual pada harga Rp 40.000,- / kg, jauh di bawah harga pasaran yaitu Rp 76.000,-/kg. Daftar harga komoditas yang termasuk dalam Operasi Pasar adalah sebagai berikut.
tabel-inlfasi-sumut

Melalui Operasi Pasar ini, TPID Sumatera Utara bermaksud menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah siaga dan berani mengambil tindakan untuk memastikan kestabilan harga di pasaran untuk kesejahteraan masyarakat.

Posted on 11 October 2016 in Daerah

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top